Web Site

Web Site
STIMIK DCC LAMPUNG MENJAWAB SEMUA IMPIAN

Jumat, 22 Oktober 2010

Malam Ini, Konser Amal untuk Anisa

Udoiin-Udonews

Anisa Maulidia Rahma
UdoNews- ANDA peduli sesama. Hadirilah Konser Amal Anisa di Ballroom Graha Patimura, Telukbetung Utara, Bandarlampung, malam ini (22/10) pukul 18.30 WIB. Konser amal ini diselenggarakan Radar Lampung Group dan Panitia Bantuan untuk Anisa (Panda). Acara akan dimeriahkan Reza Arthamevia, Inka Mamamia, Coin Band, dan Tof Band.
    Panitia Konser Amal Anisa perwakilan Radar Lampung Indah Sumaputri menuturkan, kepedulian terhadap Anisa Maulidia Rahma, bocah berusia 15 bulan yang mengidap atresia bilier, terus mengalir dari berbagai kalangan. Setelah Rabu (20/10) manajemen PLTU Tarahan memberikan tali asih, kini giliran para anggota DPR RI asal Lampung menyatakan kesiapannya untuk membantu buah hati pasangan Yulianto (30) dan Yuliana (29) itu.
    Mereka adalah Heryanto, Sudin, Zulkifli Anwar, dan Fauzan Sya’ie. ’’Mereka juga berencana mencarikan bantuan dana bagi Anisa dari departemen-departemen yang ada di Kota Jakarta,’’ ujar Indah.
Terkait konser amal, Indah menyatakan, persiapan acara sudah hampir seratus persen. ’’Kami menyebar lebih dari lima ratus undangan untuk acara ini. Mulai para pejabat pemerintahan, kepolisian dan TNI, kalangan pengusaha swasta, serta para kerabat dan donatur-donatur buat Anisa. Untuk itu, kami mengharapkan kehadiran para tamu undangan tersebut. Ayo kita bantu Anisa,’’ ajaknya.
    Terpisah, Nunung, ketua pelaksana Konser Amal Anisa, membenarkan pernyataan Indah. Dia menerangkan, persiapan memang sudah hampir rampung. Di antaranya, penataan dekorasi untuk acara penggalangan dana bagi Anisa.  
’’Konsep acara kita hanya fokus untuk penggalangan dana. Karena acara ini memang diadakan untuk membantu Anisa yang akan menjalani operasi cangkok hati di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo, Surabaya,’’ terangnya.
    Nunung menyatakan, usai konser amal, Panda akan terus menggalang dana dari semua pihak. Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk Anisa tidak sedikit, yakni diperkirakan lebih dari Rp1 miliar. ’’Kita juga harus memikirkan biaya hidup kedua orang tua Anisa saat di Surabaya,’’ paparnya.
    Nunung melanjutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan tim dokter RSUD dr. Soetomo. ’’Kami setiap hari Jumat pasti berhubungan dengan tim dokter yang akan mengoperasi Anisa melalui telepon. Mereka sedang dalam tahapan persiapan untuk pelaksanaan operasi,” akunya.
    Ditambahkan, pendonor hati bagi Anisa, Nurdin, juga telah menyatakan kesiapannya. ’’Anisa sudah siap. Nurdin pun demikian. Jadi, kita tinggal menunggu kabar dari tim dokter RSUD dr. Soetomo. Kalau diminta datang ke sana, ada atau tidak ada dana, kita akan berangkat,’’ pungkasnya.
Diketahui, tim dokter RSUD dr. Soetomo memvonis Anisa mengidap atresia bilier. Yakni suatu keadaan yang terjadi pada bayi yang baru lahir di mana saluran empedu tidak terbentuk atau tak berkembang secara normal.
Penyebab penyakit ini, gabungan dari berbagai hal. Seperti infeksi virus terutama reovirus dan rotavirus, kelainan genetik, bahan toksik yang mengganggu pertumbuhan saluran empedu, serta adanya kerusakan saluran empedu perinatal pada proses persalinan.
Ada tiga jenis atresia bilier, yakni atresia dari duktus biliaris komunis;  atresia dari duktus hepatikus; dan obstruksi atau sumbatan dari saluran empedu makin ke hulu pada jaringan hati yaitu saluran pada porta hepatis dan di atas porta hepatis. Kebanyakan pasien atresia bilier, termasuk juga Anisa, masuk dalam tipe yang terakhir. Karenanya, tidak ada cara untuk pengobatan Anisa selain melakukan transplantasi hati atau cangkok hati.

1 komentar:

udo_iin mengatakan...

nonton bareng-bareng yuk.... konser amal tersebut.... ntar malem.. di Graha Patimura Teluk.... sekalian ber amal sekalian Weekend...